Selasa, 09 April 2019

Cuap-cuap Skripsi

Tiba-tiba kangen nulis di blog hahaha... Blognya sudah agak berdebu ya pemirsaahh.
Kali ini sih pengen bahas tentang PERJUANGAN SKRIPSI, yang khusus ku persembahkan untuk kawan-kawan ku yang masih berkutat sama perskripsiannya. Gak akan panjang-panjang sih bahasannya, intinya mah mau nyemangatin aja.
Dulu gue kira orang-orang lebay doang cerita tentang perjuangan anak tingkat akhir kuliah, beratnya skripsi dan bla bla bla lainnya. Tapi ternyata setelah masuk ke fase itu, yaaa emang berat banget cuy. Bukan berat dalam artian lu ngerjain soal matematika yang menjelimet gitu, paham ga sih? wkwkwk.. Fase dimana lu butuh dukungan orang lain terutama dari keluarga lu, tapi juga kadang dukungan itu tuh kaya mental gitu aja dengan berpikiran yaa lu ga bakal ngerti perasaan gue atau keadaan gue saat ini. Kalo lu udah ngerasain ini, coba tarik napas dalam trus hempaskann... Syantuyy gitu beb.. Hidup lu ga bakal berenti kalo lu ga lulus tepat waktu gara-gara skripsi ko.
Skripsi tuh penuh kejutan, tapi bukan berarti lu santai-santai trus nunggu keajaiban datang dan TARAAA SKRIPSI KELAR. Gak gitu yaa.. Jadi, yaa harus tetep usaha beb. Jangan kasih kendor lah ya, tapi inget jangan lupa istirahat juga. Setelah melalui fase itu gue sadar, buat jalanin skripsi tuh butuh kesabaran ekstra yang utama. Yang akademinya bagus belum tentu kelar duluan, yang dosen pembimbingnya bagus belum tentu ngasih nilai bagus, yang bimbingannya rajin belum tentu diduluin sidang. Iyaa gitu emang, kadang ngerasa kaya kita ga dikasih keadilan kan. Eits tapi tunggu dulu.. Tuhan ga bakal ngasih cobaan di luar kemampuan hambanya. Bisa jadi Tuhan udah nyiapin kado-kado manis buat lu kelak kalo lu bisa melewati kesulitan itu semua.
Gue kadang kagum malah sama temen-temen yang masih mau usaha ngerjain skripsi padahal temennya yang lain udah ada yang kerja atau bahkan nikah wkwkwk.. Gue pribadi ga kebayang gitu kalo gue ada diposisi mereka. Sebulan dua bulan dicuekin dosen pembimbing aja pikiran gue udah ngalor ngidul. Ngeliat temen gue sidang gue nangis sedih, sedih cuy bukannya seneng wkwkwk ga sesehat itu mental gue dulu. Jadiii, buat kalian teman-teman kuh yang masih berusaha kelarin skripsi kalian LUAR BIASAAA!! kalian tuh HEBAT loh!! Berhenti banding-bandingin hidup orang lain ama hidup kalian. Karena yaa ga bakal kelar-kelar cuy.. Pasti nantinya lu bakal nemu terus orang yang lebih dari lu.
Satu poin yang bisa gue catet buat diri gue sendiri juga sih ini sebenernya. Berhenti nyalahin diri sendiri, tapi berhenti juga mencari kesalahan ke orang lain. Nah loh gimana tuh jadinya. Hmmmm jadi gini, kalo lu udah usaha sebisa yang lu lakukan (catet ya udah USAHA) yaa lu cukup kasih ke Tuhan hasilnya nanti. Jangan juga nyalahin ah dosen gue gitu ah dosen gue gini, jangan ya beb.. Dosen juga manusia yang punya batasan. Yaa mana tau lagi ada masalah di keluarganya atau kesehatannya trus kita dengan seenaknya nyalahin. Trus jangan lupa juga minta doa dari orang tua. Asli dah kalo orang tua lu ikhlas kaya tiba-tiba lu nemuin jalan aja tuh. Tiba-tiba lancar aja tuh skripsi..
Pokoknya mah jadi manusia jangan sombong, minta lah bantuan ke Tuhan dan orang-orang terdekat kalian. Jangan malah jadi santai trus skripsi terbengkalai. Sulidd ya gais wkwkw tapi yaa gitu emang. Kalo bukan dari diri kita yang berusaha trus mau ngandelin siapa lagi? Jadii, SEMANGAT!! Semua punya waktu nya masing-masing ko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar