Jumat, 24 Oktober 2014

Penulis Muda Berbakat


dok. pribadi
Tangerang – Ditengah kesibukannya sebagai pelajar, Dyah Apriliani Kusumaastuti (17) berhasil menerbitkan dua novel. Novel yang telah diterbitkan di penerbit DAR! Mizan dalam serial Pink Berry Club antara lain berjudul, I Miss You, Dad (terbit bulan Agustus 2014) dan Surprise in Hokkaido (terbit bulan September 2014). Saat ini kedua novelnya sudah bisa didapatkan ditoko buku seluruh Indonesia. Dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp. 35.000,00.
Dyah memilih menjadi menjadi penulis karena ingin mengabadikan pengalaman-pengalaman yang dia alami bersama orang-orang yang ada dilingkungannya dalam bentuk tulisan. Karena lingkungan mainnya didominasi oleh orang-orang hebat, keren dan mengesankan. Menurut Dyah, menulis itu menyenangkan. Hitung-hitung bisa beramal, kalau tulisan kita bisa menginspirasi orang lain.
Inspirasi dalam membuat novel bisa datang darimana saja. Saat sedang melamun atau berbicara tentang pengalaman teman yang unik di kelas. Di toko buku juga bisa mencari inspirasi, terkadang Dyah suka berimajinasi cover buku yang ada di toko buku, lalu mengarang jalan ceritanya sendiri. Di kamar sendiri juga bisa menjadi tempat mencari inspirasi, kalau sedang ingin tidur atau istirahat suka dapat inspirasi dan harus cepat dicatat agar tidak lupa.
Menurut Dyah, rahasia bisa menjadi penulis professional adalah jangan ragu untuk mengirimkan karya kita ke penerbit. Karena kalau hanya disimpan dan tidak dipublikasikan, tidak akan terbit ke penerbit. Kita juga harus terus produktif dan jangan ragu untuk memeriksa kembali naskah tulisan kita. Berikut ada sinopsis salah satu karyanya, PBC : I Miss You, Dad.
Bertemu dan mendapatkan kasih sayang dari orang tua memang hal yang amat diinginkan setiap anak. Chloe sudah mendapatkan perhatian dan kasih sayang itu, tapi hanya dari Ms. Grace, Ruby dan sahabatnya, Olive. Ia ingin bertemu dengan orang tuanya, tapi kenapa Ms. Grace (wanita tua yang sudah menjaganya sejak umur 7 tahun) selalu melarang? Ms. Grace juga selalu menutupi sesuatu tentang pria bernama William Matthew. Hingga hari yang amat ditunggu Chloe tiba, ia mendapatkan sepucuk surat. Surat itu juga akhirnya membuka segala rahasia yang telah Ms. Grace simpan dengan rapat. Chloe ingin bertemu dengan ayahnya, William Matthew, yang akan bermain drama minggu depan di gedung Sdney Opera House. Keinginan Chloe yang bulat malah membuatnya nekat kabur. Bukannya berhasil, ditengah jalan ia diculik oleh Oda. Akankan Chloe berhasil menemui ayahnya? Baca cerita selengkapnya di novel PBC : I Miss You, Dad.

1 komentar: